PERS RELEASE : Universitas NU Kalbar Gelar PKM di Desa Pinang Luar, Kubu Raya
Desa Pinang Luar, Selasa (04 Sep 2018)

Tim Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat (Universitas NU Kalbar) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Menggandeng Kelompok Budidaya Jamur Sakinah dan PKK Desa Pinang Luar, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat sebagai mitra. Tim PKM Universitas NU Kalbar terdiri dari dua orang dosen yaitu Elliska Murni Harfinda, M.Si sebagai Ketua Pelaksana dan Nizarrahmadi, M.Pd sebagai Anggota Pelaksana, serta 3 orang mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas NU Kalbar.

Tim PKM Universitas NU Kalbar telah mengadakan pelatihan penyemaian bibit hidroponik dan pemasangan instalasi hidroponik pada Senin, 23 Juli 2018 yang lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh anggota PKK Desa Pinang Luar. Ketua Pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membimbing dalam budidaya hortikultura dengan sistem hidroponik dengan cara menyediakan instalasi hidroponik serta bibit dan nutrisi yang diperlukan untuk menunjang kegiatan hidroponik. Ibu Yuliana selaku Sekretaris Desa Pinang Luar mengatakan bahwa sangat terbantu dengan adanya kegiatan PKM ini sehingga anggota PKK Desa Pinang Luar memiliki keterampilan dalam budidaya hortikultura secara hidroponik dimana sebelumnya hanya mengandalkan budidaya secara konvensional.

Tim PKM Universitas NU Kalbar juga telah menyerahkan peralatan autoklaf dan enkas sederhana kepada Kelompok Budidaya Jamur Sakinah pada Sabtu, 4 Agustus 2018 yang lalu. Ketua Pelaksana mengatakan bahwa peralatan ini merupakan peralatan pendukung untuk membuat baglog jamur tiram secara mandiri. Ibu Minarni selaku Ketua Kelompok Budidaya Jamur Sakinah mengatakan bahwa selama ini mereka selalu membeli baglog jamur tiram dari pihak lain sehingga laba yang dihasilkan masih minimal. Harapannya dengan bantuan peralatan dari Tim PKM Universitas NU Kalbar maka kelompok kami bisa membuat baglog sendiri dan mendapatkan laba yang lebih besar.

Ketua Pelaksana menambahkan bahwa kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Tahun Anggaran 2018. Kegiatan ini masih terus berlangsung hingga September 2018.