Mukadimah

Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan dengan tugas menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbarakan selalu berperan sebagai institusi yang menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dan berkarakter agar mampu berperan serta dalam kegiatan pembangunan nasional dan memiliki daya saing dalam persaingan global di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni serta memiliki akhlak, etika, dan moral terpuji. Untukmewujudkan peran perguruan tinggi dalam pembangunan nasional tersebut perlu adanya upaya pengembangan manajemen Perguruan Tinggi (PT)berstandar nasional serta internasional. Pengembangan manajemen PT UNU Kalbar harus dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu, evaluasi yang transparan, kredibel, bertanggungjawab, jujur, adil, serta memiliki nilai-nilai intelektualitas universal.

Pengembangan manajemen UNU Kalbar juga harus dapat diimplementasikan sesuai dengan tata nilai dan tingkat perkembangan selaras dengan rencana strategis universitas yang dituangkan dalam bentuk statuta. Statuta sebagai pedoman dasar penyelenggaraan kegiatan yang dipakai sebagai acuan untuk merencanakan, mengembangkan program dan menyelenggarakan kegiatan fungsional serta memuat dasar yang dipakai sebagai rujukan pengembangan peraturan umum, peraturan akademik dan prosedur operasional yang berlaku di UNU Kalbar, dengan memperhatikan pula Peraturan Pemerintah tentang Perguruan Tinggi Tahun 1999. Dalamtatanan kehidupan dan masa depan Indonesia yang cerdas, makmur danberkeadilan ditentukan oleh kemampuan bangsa dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ketinggian komitmen akan kaidah moral dan budi pekerti,serta kemampuan membangun perkembangan sosial sebagai pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila atas dasar kecintaan terhadap tanah air, memahami ke-bhinneka-an, serta UUD Tahun 1945 dalam Negara Kesatuan Republik Indoensia yang Merdeka, Bersatu, Adil, dan Makmur. Bahwa UNU Kalbar sebagai institusi pendidikan tinggi merupakan salah satu bagian dari sistem Pendidikan Tinggi Lokal, Nasional maupun Internasional yang perlu terus menerus diusahakan keberadaannya, ditingkatkan dan dikembangkan agar menjadi salah satu pusat keunggulan akademik, penggerak modernisasi dan pembaharuan, penjaga kedaulatan NKRI dengan semangat juangnya serta mengemban tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan visi, misi dan fungsinya bagi terlaksananya upaya mencerdaskan kehidupan pribadi dan masyarakat dalam menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang cerdas, damai, adil dan makmur dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tersebut.

 asa

Struktur Organisasi


VISI :

VISI, MISI, DAN TUJUAN

1. Landasan dasar

UNU Kalbar adalah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dan kaidah Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama.

2. Visi UNU Kalbar adalah

melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mempertimbangkan situasi kondisi masyarakat, serta sebagai pusat unggulan (center of excellence) dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan, teknologi dan seni serta pengembangan sumberdaya manusia berdasarkan nilai-nilai keislaman berbasis Ahluss Sunnah wal Jamaah dan memiliki wawasan Internasional dan global serta memberi arah pada perubahan dan perbaikan dalam kehidupan.

3. Misi UNU Kalbar adalah :

a. Memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni berlandaskan nilai-nilai keislaman nusantara, bertaraf internasional dan berorientasi global dalam rangka membangun masyarakat Indonesia.

b. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi serta seni budaya.

c. Mengembangkan sumberdaya manusia berlandaskan nilai-nilai keislaman nusantara, memilki wawasan internasional dan berorientasi global, serta memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia.

d. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis masyarakat aswaja dan berorientasi kepada perubahan nyata secara bertahap.

e. Menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menunjang, terkait, serta saling menguatkan pelaksanaan TriDharma Perguruan Tinggi.

4. Tujuan UNU Kalbar adalah:

a. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan luas tentang pendidikan sains dan teknologi dalam perspektif multikultural, memiliki keterampilan melakukan praktik dilapangan dan praktikum di laboratorium sebagai modal utama dalam mengembangkan dan membekali, beraktivitas serta menciptakan karya-karya nyata dalam masyarakat.

b. Terbentuknya sumberdaya manusia berlandaskan nilai-nilai keislaman nusantara, memiliki wawasan internasional, dan berorientasi global, serta memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia.

c. Mendukung pembangunan masyarakat madani (civil society) yang demokratis dengan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri.

5. Strategi Pencapaian Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran UNU Kalbar adalah:

a. Perluasan dan pemerataan akses masuk UNU Kalbarmelalui pemberian beasiswa bagi anak berbakat, berkemampuan, dan berprestasi terutama dari kalangan ekonomi lemah; selalu memperbaiki dan menyesuaikan sistem pembelajaran dan penilaian; mengembangkan (inovasi) tentang pola-pola penerimaan mahasiswa menurut wilayah secara merata dan berkeadilan; mengembangkan rumpun bidang keilmuan (bahasa daerah, hukum adat, sejarah lokal, kearifan lokal).

b. Menumbuhkembangkan budaya bekarya melalui kegiatan: pembelajaran, penelitian, menghasilkan produk, lomba, sayembara, dan lain-lain yang terkait dalam rangka pengabdian untuk mencapai masyarakat belajar yang luas dan terukur.

c. Meningkatkan mutu Sumberdaya Manusia menurut peningkatan jenjang kualifikasi pendidikan dosen dan karyawan, kesesuaian bidang studi lanjut dengan kebutuhan nyata dan pengembangannya; memberikan beasiswa studi lanjut bagi lulusan berprestasi; memprioritaskan penerimaan calon dosen dari lulusan terbaik.

d. Menjadwalkan secara teratur dan berkelanjutan program-program UNU Kalbar melalui kalender semesteran, tahunan, dan lima tahunan; UNU Kalbar sebagai salah satu tempat berkomunikasi semua pihak.