Profil Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat

Update Terakhir : 08-Apr-2018

Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat (UNU Kalbar) didirikan pada tanggal 17 Oktober 2014 berdasarkan SK Kemendikbud Nomor: 558/E/O/2014. Pendirian universitas ini merupakan hasil Muhktamar NU pada tanggal 22 – 28 Maret 2010 tentang pendirian Universitas Nahdlatul Ulama di berbagai wilayah di Indonesia. Pada awal pendirian, UNU Kalbar telah memiliki rekomendasi, diantaranya Rekomendasi Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XI Kalimantan, nomor ; 1258/K11.A/KL/2012, tanggal 07 Agustus 2012; Rekomendasi dari Gubernur Kalimantan Barat, bernomor; 420/2402.1/Kesos-C pada tanggal, 9 Agustus 2012, tentang dukungan sepenuhnya pendirian UNU Kalbar Pontianak dan rekomendasi dari Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak bernomor; 1072/UN22/HM/  2012, tanggal  25 September 2012.

UNU kalbar diresmikan bersama dengan 23 UNU se-Indonesia oleh Wakil Presiden H.M Jusuf Kalla di Kantor PBNU Jakarta pada 31 Januari 2015 yang bertepatan dengan hari ulang tahun Perkumpulan Nahdlatul Ulama ke-89. Dalam prasasti yang ditandatangani Wapres, UNU Kalbar berada pada urutan ketujuh. Rektor UNU Kalbar yang pertama adalah Dr. Rachmat Sahputra, M.Si. yang dilantik oleh Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj. Pelantikan ini dilakukan bersama dengan dua rektor dari UNU lainnya, yaitu UNU Kalsel dan UNU Sultra di Gedung PBNU.

Pada tanggal 1 April 2015, UNU Kalbar secara resmi membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk jenjang program sarjana (S1) yang terbagi dalam 4 fakultas dan 10 program studi (prodi). Pertama, Fakultas Pertanian yang terdiri dari Prodi Agribisnis, Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan, Prodi Agroteknologi, dan Prodi Teknologi Hasil Perikanan. Kedua, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang terdiri dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Ketiga, Fakultas Ekonomi yang terdiri dari Prodi Manajemen. Keempat, Fakultas Teknik yang terdiri dari Prodi Sistem Informasi dan Prodi Teknik Lingkungan. Pada tanggal 23 September 2015, perkuliahan di UNU Kalbar resmi dimulai.

VISI UNU KALBAR

Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mempertimbangkan situasi kondisi masyarakat, serta sebagai pusat unggulan (center of excellence) dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan, teknologi dan seni serta pengembangan sumber daya manusia berdasarkan nilai-nilai Ahluss Sunnah wal Jamaah dan memiliki wawasan global pada tahun 2028.

MISI UNU KALBAR
  1. Memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni berlandaskan nilai-nilai keislaman nusantara, bertaraf internasional dan berorientasi global dalam rangka membangun masyarakat Indonesia.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi serta seni budaya.
  3. Mengembangkan sumber daya manusia berlandaskan nilai-nilai keislaman nusantara, memilki wawasan internasional dan berorientasi global, serta memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis masyarakat aswaja dan berorientasi kepada perubahan nyata secara bertahap.
  5. Menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menunjang, terkait, serta saling menguatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
TUJUAN UNU KALBAR
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan luas tentang pendidikan sains dan teknologi dalam perspektif multikultural, memiliki keterampilan melakukan praktik di lapangan dan praktikum di laboratorium sebagai modal utama dalam mengembangkan dan membekali, beraktivitas serta menciptakan karya-karya nyata dalam masyarakat.
  2. Terbentuknya sumber daya manusia berlandaskan nilai-nilai keislaman nusantara, memiliki wawasan internasional, dan berorientasi global, serta memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia.
  3. Mendukung pembangunan masyarakat madani (civil society) yang demokratis dengan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri.
Layanan
Webmail
Repository
Jurnal Online
E-Learning
PMB Online
Rekrutmen
Pranala Luar